Sunday, September 13, 2009

Benar gak sih main game online itu berbahaya... jika sudah kecanduan main game online banyak dampak negatifnya yang ditimbulkan dari pada dampak positifnya
1. dilihat dari fisik
karena mata dan konsentrasi yang tinggi badan cepat letih ditambah radiasi dari monitor konon memiliki efek terhadap tubuh kita tapi tergantung juga sih sekarang udah banyak monitor lcd plasma yang ramah lingkungan. asyiknya main game membuat lupa waktu, seperti untuk tidur, makan dan minum menjadi tidak teratur ini bagi yang mereka maniak game seharian dari pagi ketemu pagi main game online. semua ini berhubungan dengan kesehatan dan jika dibiarkan berkemungkinan besar daya tahan tubuh kita menjadi lemah dan mudah terserang penyakit.
2. dilihat dari segi waktu
main game lupa dengan waktu apalagi ini untuk para pelajar karena terbiasa asik main game membuat males belajar dan membuat tugas(PR) dari sekolah dan lainnya ini sangat berbahaya menyangkut masa depan. Selain itu juga terganggunya kehidupan sosial dari keluarga dan teman-teman, karena waktu habis bermain game untuk beriteraksi dengan mereka pun berkurang dari komunikasi, perhatian dan lainnya sehingga membuat terisolir (kuper).
3.dilihat dari biaya
untuk bermain game online ada beberapa sarana yang di butuhkan seperti koneksi internet, listrik, Voucer dan komputer yang digunakan berapa biaya yang dikeluarkanuntuk itu dan apa hasilnya selain kepuasan saja.
4. dilihat dari psikis
selalu terbayang dan mengingat game sehingga sulit berkosentrasi dalam hal lain seperti belajar, pekerjaan bahkan dalam mengerjakan ibadah.

Tips menghindari kecanduan main game online :
1. mencari kesibukan lain
dengan kesibukan lain atau mengisi waktu dengan tidak bermain game, berarti melupakan terhadap game online, ini merupakan salah satu jurus yang ampuh.

2. menahan diri(disiplin)
disela-sela waktu ada rasa keinginan ingin bermain, cobalah untuk menahan diri dan sadar pentingnya waktu dan kewajiban yang dimiliki jika seorang pelajar maka belajarlah dan mengerjakan tugas(PR) dahulu.
3. jangan terpengaruh
faktor lingkungan merupakan salah satu yang menjadi penyebab utama, untuk menghindari agar tidak terpengaruh, saat-saat teman mengajak bermain game bersama cobalah tidak menerima ajakan dengan alasan bosan atau lainnya yang masuk akal
4. menjauh dari game
hindari tempat-tempat bermain game seperti di warnet, atau jika menggunakan komputer pribadi buang saja programnya(un install).

Beberapa fakta penting :
Di China, Zhang Xiaoyi bocah laki-laki 13 tahun, meninggal pada 27 Desember 2004, setelah loncat dari gedung tinggi. Zhang meninggalkan pesan bunuh diri, berisi keinginannya untuk bergabung dengan para jagoan yang ada di game kesukaannya.

Tahun lalu di Korea Seatan ada korban meninggal karena gagal jantung setelah bermain game Starcraft selama 50 jam di sebuah kafe internet. Tips supaya gak kecanduan maen Game (dikutip detikINET dari HowToDoThings,) :
sumber:sastroatmodjo.com

saran, untuk melakukannya:

· Kamu harus buat Jadwal ato rencana kapan main GAME, berapa kali dalam seminggu, sebulan, dsb.
· Jika kamu dah terlanjur cinta dengan game, kamu harus brani pikul tanggung jawab yang lebih besar yaitu membagi waktu, jangan lebih memntingkan game daripada belajar, karena akan banyak tugas-tugasmu yang belum dikerjain dan kita jadi malas belajar.
· Apabila ada keinginan untuk main game diluar rencana yang dah biasa dilakukan, kamu tahan aja dan jangan berpikir tentang game itu dan jauhi dulu jika ada teman atau orang yang berbicara dan membahas tentang game, trus jangan masuk warnet game dulu, biar g tambah kepingin.
· Pantau terus keadaan pikiran kamu, apabila kamu susah berkonsentrasi, kurangi intensitas kamu main dan coba untuk berpikir dengan fokus.
· Apabila pikiranmu tetap tidak bisa fokus, coba deh main game yang g biasa kamu mainin yang bisa melatih otak untuk fokus. Contoh Empire: karena diharuskan kita memainkan beberapa karakter, insanaaquarium: permainan yang mengharuskan pemain memelihara ikan dari serangan monster dan mengambil uang2 yang dihasilkan si-ikan.
· Apabila banyak tugas jangan paksakan untuk main UTAMAKAN BELAJARMU DULU.

0 comments:

Post a Comment

komentarmu, aku tunggu! no spam!

Site search

    Partner

    Disclaimer

    Maindakon Maindakon merupakan blogg yang berisi tentang berbagai informasi dimana kami tidak menjamin bahwa informasi tersebut benar 100%. Semua posting ditulis sesuai dengan refrensi yang kami dapatkan. Semua tips yang ditulis sebatas saran atau sugesti untuk memberikan solusi atau sekedar berbagi info yang dimana kami tidak menjamin benar 100%.