Saturday, June 7, 2014

Hati-hati terhadap sms yang menyatakn bahwa anda memenangkan undian atas nama M-Tronik, karena kemungkinan besar itu adalah penipuan!


Sudah beberapa bulan ini saya amati, banyak dari temen-temen saya yang mendapat sms semacam itu, intinya mendapatkan undian dari Pt M-Tronik. Seperti yang sudah pernah saya ulas tentang penipuan yang memanfaatkan event PopMie, modus dan bentuknya tidak jauh berbeda.

1. SMS yang memberitahukan anda mendapat hadiah, menggunakan nomor biasa. Kemungkinan besar pasti itu adalah penipuan! Bahkan jika hadiahnya sampai sebuah mobil, hal itu sangat tidak mungkin.

2. Setelah saya amati lebih jauh, pasti mereka (pelaku, red) menyantumkan pihak-pihak yang mendukung acara tersebut. Gak tanggung-tanggung dalam situs ini
http://promo-pt-mtronik-2014.webs.com/
ada Bpk. Jokowi dan para Anggota POLRI. Itu pasti penipuan.

3. Di Website itu terdapat kolom testimoni. Biasanya testimony itu hanya digunakan untuk transaksi jual beli, eh ini malah di web undian berhadiah. (dikira jual beli hadiah kali ya?)

4. PT M-Tronik tidak pernah melakukan undian berhadiah tersebut. Jika pun ada pasti sudah tersiar di media cetak, televise dsb. Tidak pernah pihak penyelenggara undian mengandalkan satu media saja.

Hati-hati terhadap Situs ini,
http://promo-pt-mtronik-2014.webs.com/

Jika ada pertanyaan menyangkut hal demikian silahkan komentar, atau mungkin anda ingin membantu saya menemukan penipuan yang ada di internet saya siap menerima. 

75 comments:

  1. Lha klo mau ambil hadiahnya gimana caranya tolong dijelaskan.

    ReplyDelete
    Replies
    1. This comment has been removed by the author.

      Delete
  2. Saya tunggu konfirmasinya pak. Soalnya tadi siang saya dapat sms dari blog ini .

    ReplyDelete
  3. sya mendapat hadiah sebesar 15jt atas nama ptmtronik tapi menggunakan no biasa apakah termasuk penipuan juga

    ReplyDelete
  4. saya tadi dapat pesan tp bukan pesan teks namun pesan popup ya seperti pesan sehabis beli pulsa suruh cek saldo tp saya cuma liat sekilas ada alamat webnya tp ga saya liat apakah itu penipuan apa bukan..?

    ReplyDelete
    Replies
    1. itu penipuan, saya juga pernah dapat yang seperti itu, setiap kali dia nelpon akan ada pesan poup nya

      Delete
    2. sy jg dpet sms dr no -85692412972.
      "Selamat!No sim card anda mendapatkan hadiah cek tunai Rp 15jt dari PT Mtronik .
      pin 277fg49.
      u/ info pengambilan hadiah, klik www.2014-ptmtronik.blogspot.com"
      mending krj bnrn drpd tipu2.tul?

      Delete
  5. Wah, makasih banget infonya :) saya juga pernah dapat sms begitu, katanya saya dapat 15 juta tapi ternyata itu penipuan

    ReplyDelete
  6. bnyak penipu,,, akibat filem/ sinetron yg menontonkAN penipuan,,, akibatnya masyarakat menuruti,,,, seperti sinetron percintaan,, anak2 sd sekarang sudah bisa ciuman dgn lawan jenis,,, itu akibat sinetron,,,, mudahan sinetron2 yg bakal merusak akhlak tidak lagi ditayangkan...!!!

    ReplyDelete
  7. ini penipuan juga
    agar masyarakat berhati-hati

    kalo nipu modal dikit pake blog gratisan

    http://ptmtronik-2014.blogspot.com/

    ReplyDelete
  8. brusan q jg dpt sms kyak gtu....emmmmm emang doyan bgt nipu tu

    ReplyDelete
  9. hati2 juga penipuan yang menelpon dgn pura2 menangis bahwa anak kita kecelakaan dan lg dirumah sakit. kemungkinan 9 menit akan meninggal. trus disuruh beli alat di apotik seharga 9 jt, krna pihak rumah sakit ga ada alatnya. indikasinya ada 3orang (cewe 1 & cowo 2 ) cewe yg pura2 menangis dan cowonya berperan doktor dr RS & pihak apotik. dan selama 9 menit itu kita ditelp terus supaya kita tidak bisa pergi kemana2 atau lapor ke polisi. sungguh 9 menit yang menakutkan. aku supatani semoga para pelaku anaknya kecelakaan beneran.

    ReplyDelete
  10. saya juga baru dapet sms penipuan dari m tronik belum lama...katanya dapet uang tunai 15 juta ... ckckckckckck ada" aja ya

    ReplyDelete
  11. This comment has been removed by a blog administrator.

    ReplyDelete
  12. tolong di tindak lanjuti blogger www.undianmtronik77.blogspot.com Hp. 08152075338 karena menyatakan bahwa saya pemenang undian mobil terima kasih

    ReplyDelete
  13. Sama bro ane juga barusan dapet sms yg kya gtu, pas ane tlp tuh yg ngangkat cewe bhasanya sih udh kya orang kantoran gtu..
    Ekh selang beberapa jam ada no bru lg miscol trus ane telpon tuh lah dia nanyai nelpon ke no simpati itu bukan tpi dengan bahasa kaya orang kampung gtu, ane jawab kaga soalnya udh ketauan pasti ini penipuan..

    ReplyDelete
  14. Saya jg beberapa hari yang lalu dpt sms dri mtronik, klo saya dpt hadiah mobil. Terus saya telpon itu no.a saya disuruh transfer 1jta berapa ratus gtu, terus dsuruh transfer lg dg nominal yg lebih besar. Tolong informasinya karna saya sudah terlanjur transfer uangnya, saya harus gmn?? Ini no. Pelakunya 085696212055 dan 085798522229

    ReplyDelete
  15. saya jg dapet tadi pagi.....
    dari nomor 085754822189 deng alamat web http://hadiah-mtronik7.blogspot.co.id....tercantum sebagai pemenang hadiah ke 2...cek sebesar 100jt...
    sama kayaknya ya..penipuan

    ReplyDelete
  16. Berkat isi ulang Nomer anda terpilih sebagai Pemenang ke 3 PIN Pemenang:25T47R79 Utk pengurusan hadiah klik www.undiantahunan.blogspot.co.id..saya tdi dpt sms tdi apa kah inih peniouan

    ReplyDelete
  17. saya dapat sms isinya saya mendapat hadiah 100jt dari PT M-TRONIK, pengirim 081546534007. Konfirmasi hadiah diminta menghubungi 085624678888. ini penipuan ya? terima kasih

    ReplyDelete
  18. baru saja saya mendapatkan BC dari salah satu kontak bbm saya isi nya : Selamat kepada pemilik pin BBM 5a3##### code pin undian H174 M-dapatkan hadiang langsung Dari gebyar Undian M-Tronik u/info kunjungi web Kami Di www.undianmtronik.ga
    Hanya Sekali Satu Tahun Batas Pengambilan Selama 2 Hari,Apabila Pemenang Tidak Mengurus Hadiah nya Sampai Batas Waktu,Maka Hadiah Tersebut Di Alihkan kekanidat Yang Lain

    Pin Bbm yang Bc 5d14cd9a
    silahkan d cek untuk kebenaran nya.
    Trimakasih

    ReplyDelete
    Replies
    1. sya barusan dpt bbm seperti anda dengan kode pin undian yang sama H174M. Pengirimnya adalah AKUN BBM D4C48F48. ini penipuan ya?

      Delete
  19. Saya juga dapat sms kemarin dan nmr yang harus dihubungi sama seperti nmr yg harus di hubungi oleh kurniawankhanza. Pas saya cek kok pemenang harus tf uang dulu untuk jaminan. Haha. Udah pasti itu penipuan kan ya. Hati hati ya.

    ReplyDelete
  20. barusan saya mendapat kan sms dari no biasa Berkat pengisian pulsa anda no ini terpilih sebagai Pemenang dr_PT.M'TRONIK,kode PIN anda:,Utk Info hadiah klik : www.gebyarmtronik2016.blogspot.co.id dengan no perngirim 6285641196965

    ReplyDelete
    Replies
    1. hati2 mas, karena itu terindikasi penipuan. silahkan baca poin2 yang saya bahas sebelumnya.

      Delete
  21. Sy dpt smz yg menyatakan sy dpt undian nh isi smz ny .......
    maaf kami sudah menhubungi
    tpi tdk tersambun no'anda
    resmi meraih hadiah 100jt
    dri PT.M-TRONIK
    PIN .....
    cek PIN anda di
    www.hadiah-mtronik.ml ..........
    Mhon bantuan ny, apakah itu penipuan atw bkn

    ReplyDelete
    Replies
    1. Itu jelas penipuan mas, awalnya nyetor buat buka apa lah itulah, terus nyetor lg berapa juta buat buka rekening, terus nyetor lagi, n d suruh nunggu sebentar 10 menit lg uangx 100 jt d transfer d rekening anda, dan katanya ini gagal terus transferx soalx dkm jumlah besar, dan kemudian no yg anda tuju sedang sibuk, tidak aktif, g ada undian kyk gitu

      Delete
    2. Itu jelas penipuan mas, awalnya nyetor buat buka apa lah itulah, terus nyetor lg berapa juta buat buka rekening, terus nyetor lagi, n d suruh nunggu sebentar 10 menit lg uangx 100 jt d transfer d rekening anda, dan katanya ini gagal terus transferx soalx dkm jumlah besar, dan kemudian no yg anda tuju sedang sibuk, tidak aktif, g ada undian kyk gitu

      Delete
  22. saya juga dapat tadi pagi yang isinya saya mejadi pemenang kedua. untuk informasi lebih lanjut silahkan klik di www.ptmtronik.ml dan ada no pinnya juga. itu termasuk penipuan apa bukan?

    ReplyDelete
  23. saya juga dapat tadi pagi yang isinya saya mejadi pemenang kedua. untuk informasi lebih lanjut silahkan klik di www.ptmtronik.ml dan ada no pinnya juga. itu termasuk penipuan apa bukan?

    ReplyDelete
  24. saya juga dapat tadi pagi yang isinya saya mejadi pemenang kedua. untuk informasi lebih lanjut silahkan klik di www.ptmtronik.ml dan ada no pinnya juga. itu termasuk penipuan apa bukan?

    ReplyDelete
  25. saya juga dapat tadi pagi yang isinya saya mejadi pemenang kedua. untuk informasi lebih lanjut silahkan klik di www.ptmtronik.ml dan ada no pinnya juga. itu termasuk penipuan apa bukan?

    ReplyDelete
  26. Iya itu penipuan, saya dapat sms ini

    Selamat anda dapat hadiah tabungan haji 100 juta
    Nih no yg sms q 0858568202793

    Siapa tau no itu bs bantu ngelacak penipuan yg marak terjadi, soalnya sudah banyak korban yg nyetor jutaan

    ReplyDelete
  27. Iya itu penipuan, saya dapat sms ini

    Selamat anda dapat hadiah tabungan haji 100 juta
    Nih no yg sms q 0858568202793

    Siapa tau no itu bs bantu ngelacak penipuan yg marak terjadi, soalnya sudah banyak korban yg nyetor jutaan

    ReplyDelete
  28. Saya juga mendapat SMS yang bunyinya demikian " Selamat..!! Anda M,dptkan HADIAH dari undian pulsa PT.M-TRONIK Thn priode 2016 PIN (2547afr)silahkan Verifikasi pin anda di www.hadiahmtronik47.blogspot.com

    ReplyDelete
  29. This comment has been removed by the author.

    ReplyDelete
  30. mau tanya klo ini benar apa tidak



    maaf kmi sdh
    menghungi
    tpi tdk
    tersambung
    no anda resmi
    meraih hadiah
    ke.2
    dri PT.MTRONIK
    PIN;M257k69
    cek pin anda di
    www.hadiahmtronik49.blogspot.com

    ReplyDelete
  31. Mas aku dapat sms bgini Berkat pengisian
    pulsa No, Anda
    085675xxxxx
    M-dpt hdiah KE-2
    Dri M-TRONIK 2016
    Pin pemenang
    anda 987a33g
    Slakan Cek
    pin anda klik.
    www.infomtronik7.blogspot.com
    Itu penipuan bukan yah ?

    ReplyDelete
  32. Saya juga dapat sms dari nomer 085748243095.
    Begini : selamat.. SIM CARD anda resmi terpilih menjadi pemenang undian PT.MTRONIK pin pemenang anda 25e477r cek pin anda di : www.pemenangundianmtronik2016.tk
    Kemudian saya cek ternyata ada tapi saya dapet info tuh dari teman kalo pin.nya sama dgn banyak orang yg kena tipu..
    iiyyuuuuuhh.. Kok yo kebanget e.. Ini ada nomer dari pihak itu 0816958917 semoga bisa dilacak..

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sama kayak punya saya pin nya baru daya dapet

      Delete
    2. Sama kayak punya saya pin nya baru daya dapet

      Delete
  33. aku juga dapat
    GEBYAR HADIAH
    M.TRONIK/2016
    Slamat berkat
    Isi ulang pulsa di
    No anda terpilih
    HADIAH dengan
    No,PIN;2f54e77
    U/INFO KLIK
    www.daftarhadiahmtronik.ga
    benaf kagak ni?

    ReplyDelete
  34. 085647997609
    085717629961
    Silahkan lacak...!!
    Q jg dapet sms tuh nmr...
    Ktny menang 100 jt...
    Padahal modus doank..!!!

    ReplyDelete
  35. www.undianm-tronik.tk alamat web penipu hati hati kalau ada yang terima , saya dapet bc

    ReplyDelete
  36. Barusan saya dapet bc di bbm . www.gebyarpromo-mtorik.tk dan katanya saya mendapat hadiah dan dan ini kode undian saya B5444BM setelah saya cek memang iya ada kode itu yang sama. Gak tau beneran gak tau palsu . gmna ya bingung . bantu jawab .

    ReplyDelete
  37. Baru saja hari ini saya mau ke tipu sama m-tronik palsu.. ini sms nya ...Plangan yth,
    Berkat IsiPulsa
    M-tronik Anda
    Mendaptkn Hadiah
    Ke2.Cek Rp.100juta
    Dri PT.MTRONIK No
    PIN UND:25e477r
    INFO Lngkap Klik:
    www.mtronik-2016.blogspot.com
    +6285747075567 itu nomor pdnipunya.... untng saya ngets dulu ehhh udh keliatan dia itu penipu... masa kaya nyuruh tergesah2 gitu kaya takut sya kbr aja.. hmmm sok kaya pula...

    ReplyDelete
  38. Tapi dari mana tu orang dpat nmor kita ? Apa cuma orang biasa kya kita atau jngan" organisasi rahasia ?

    ReplyDelete
  39. Baru saja hari ini saya mau ke tipu sama m-tronik palsu.. ini sms nya ...Plangan yth,
    Berkat IsiPulsa
    M-tronik Anda
    Mendaptkn Hadiah
    Ke2.Cek Rp.100juta
    Dri PT.MTRONIK No
    PIN UND:25e477r
    INFO Lngkap Klik:
    www.mtronik-2016.blogspot.com
    +6285747075567 itu nomor pdnipunya.... untng saya ngets dulu ehhh udh keliatan dia itu penipu... masa kaya nyuruh tergesah2 gitu kaya takut sya kbr aja.. hmmm sok kaya pula...

    ReplyDelete
  40. Mereka cuma menekan nomor sembarangan ke 100 nomor yg mereka mau... kbtln mngkin nomor kita yg ke catat ama mereka...

    ReplyDelete
  41. aku dapat sms ini ni barusan beneran ga sih dari +6285890497400 'Plgn Yth, NO SIM CARD anda terpilih sebagai pemenang resmi undian PT.M-TRONIK. KODE PIN anda (25B1477) info pengambilan hadiah klik: www.zonamtronik.tk

    ReplyDelete
  42. Great to see that someone still understand how to create an awesome blog.
    The blog is genuinely impressive in all aspects.
    Good job, I like this blog.
    http://www.mgmdomino.com/

    ReplyDelete
  43. Great to see that someone still understand how to create an awesome blog.
    The blog is genuinely impressive in all aspects.
    Good job, I like this blog.
    dewa poker

    ReplyDelete
  44. Disini dapat nya pada 15 juta gw dapat sms gituan gw dapat uang tunai 100 juta pemenang undian kedua http nya juga sama kayak seperti kalian ada kode PIN nya juga tapi gue disuruh bayar 550 ribu untuk apalah ngawur dia ...ini itu bla bla bla gitu lah...so kan gue dapetin hadiah otomatisnya gratis kan knp harus bayar ha-ha-ha penipu nya gak berpendidikan alias tolol ...cuih

    ReplyDelete
  45. Maaf kemarin waktu Pt m-tronik mengadakan pengundian pin bb, pin anda resmi masuk dalam kategori masuk undian jadi sya invite langsung,dan segajah km belum cantumkan keseluruhan pinnya di karnakan mas/mbknya belum menerima hadianya. Sekedar menginformasikan bahwa Pemilik
    Pin BBM 5EB#####
    Kode Undian Anda  R1577
    M-dptkan Hadiang Langsung
    Dari Gebyar Undian M-Tronik
    U/info kunjungi web kami.dan hub nmr Pelayanan km atas nm PAK'JALU PRATAMA.dikarnakan PAK'JALU PRATAMA sebagai penanggung jawab dr pt mtronik,hub sebelum melewati batas pengambilan hadianya,bts pengambilan hadianya 2hari, hub yg via ponsel paling bawah
    Di WWW.UNDIANBBMMTRONIK.ML
    ,tidak perlu ragu-ragu dengan pengundian kami
    Karna sudah ada empat pemenang dari M-TRONIK yang Sudah menerimah hadiahnya,
    M-dapatkan hadiah tanpa mengikuti pengundian
    Silakan langsung buka webnya lihat di daftar pemenang kami dan invite pin mbk risna wati dan tanya-tanya kan langsung persyaratan atau cara pengambilan hadiahnya Pengundian hanya 2 hari
    Berlaku Satu kali Setahun

    Bener atau cuma penipuan???mksih

    ReplyDelete
  46. saya beberapa hari ini mendapat bc dari bbm mengatas namakan PT.MTRONIK
    nickname bbm nya atas nama SRI WULAN ini pin nya 25D11630

    dan isi dari broadcast itu sendiri seperti ini :


    SELAMAT!! Kepada Pemilik
    PIN BBM 5D09####
    Code PIN Undian (R25F779)
    Mendptkan Hadiah Lansung
    Dari GEBYAR Undian M-Tronik
    1 UNIT MOBIL AVANZA VELOZ
    Utk/Info kunjungi situs kami di:
    www.hadiahundianmtronik.ml
    Hanya sekali satu tahun batas
    Pengambilan hadiah terakhir hari ini
    Apabila pemenang tidak mengurus hadiahnya sampai batas waktu Yang
    Di tentukan maka hadiah tersebut
    Dialihkan ke kandidat yang lain.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Wkwk sama mba,, saya juga dapet bc kaya gitu di bbm

      Delete
    2. Wkwk sama mba,, saya juga dapet bc kaya gitu di bbm

      Delete
  47. saya dapat undian katanya selamat pin bb anda mendapat hadiah avanza dengan pin . apa kah bener atau penipuan. tolong infonya

    ReplyDelete
  48. This comment has been removed by the author.

    ReplyDelete
  49. Istri saya dapat sms. No. Anda resmi terpilih sebagai pemenang ke 2 dari UNDIAN PT.MTRONIK Pin Anda (25e477r). No. Hp. Istri Saya 085700699059. sedang pengirim sms. no. 085774368551

    ReplyDelete
  50. yang benar itu kemana kalau pengin tahu pemenang sebenarnya

    ReplyDelete
  51. MTRONIK gk pernah bikin undian undian gitu pak, jgn percaya kalo dapet sms yg begituan....
    laporkan saja ke pihak yg berwajib agar sang pelaku dapat undian yg sebenarnya :v

    ReplyDelete
  52. saya jg dapat sms no anda resmi terpilih dri pt m-tronik pin :25e477r sama dengn m roziqin tdi pagi no pengirim smsnya 085786707287 mohon di cek www.danamtronik.gq gitu

    ReplyDelete
  53. saya terus ditlpn dengan no ini 085879546777 sampai sekarang mohon dicek no ini dan no ini jg 085707243888

    ReplyDelete
  54. PT.Android Ceo Indonesia


    Selamat!! Kepada pemilik SmartPhone Android
    Anda Beruntung memenangnkan Hadiah 1"Unit Mobil
    TOYOTA AVANSA VELOZ
    dari PT.Android Ceo Indonesia Code Pemenang anda ( R25F779 )
    INFO Pengambilan hadiah Kunjungi situs resmi PT.Android Ceo Indonesia di:
    www.hadiah-android-ceo.tk

    •Batas waktu pengambilan hadiah berlaku selama 2 hari,
    Jika tidak ada tindak lanjut dari pihak pemenang selama 2 hari maka hadiah akan di legalisasi kepada pengguna BBM Android lainnya

    •Terimah kasih atas kesetiaan anda telah mempergunakan BBM android sebagai alat komunikasi anda,
    Semoga hadiah dari PT.Android Ceo Indonesia bermamfaat untuk anda.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Apa nih uga penipuan...cos barusan dpt bc

      Delete
  55. ini resmi/palsu ya?
    http://www.undianbbmandroid.cf/?m=1

    ReplyDelete
  56. SELAMAT PIN BBM ANDA
    M-dapatkan Hadiah langsung
    Dari HADIAH Undian Gebyar
    PT.M-TRONIK INDONESIA
    1 UNIT MOBIL AVANZA VELOZ
    dgn kode hadiah IDRKP:{FR-5489}
    -------------------
    U/info klik website kami:

    www.undianbbmandroid.cf

    Untuk konfirmasi kode IDRKP
    serta no PIN BBM Anda dan
    tata cara pengambilan hadiah
    anda

    Untuk info lebih lengkap
    Supaya hadiahnya bisa di terimah
    Hubungi JALU PRATAMA Atau
    silakan invite D6E242A3 TITI HERMAWATI
    di tanya- tanyakan kebenarannya.
    Karna pengundian kami terakhir hari ini
    apabila hadiahnya tdk di urus sekarang juga
    maka dinyatakan tidak serius dan kami alihkan ke pemenang lain.

    --------------------
    Undian ini hanya sekali satu
    tahun dalam rangka
    GEBYAR TAHUN 2017
    --------------------
    Undian pegacakan PIN bukan
    hanya bagi pengguna blackberry
    tapi semua pengguna BBM
    --------------------
    Batas pengurusan hanya hari ini,
    lewat batas hari ini
    tanpa adanya pengurusan dan pengesahan
    dari Notaris maka hadiah lansung
    dialihkan ke pemenang cadangan
    Terima kasih....

    ReplyDelete
  57. SELAMAT PIN BBM ANDA
    M-dapatkan Hadiah langsung
    Dari HADIAH Undian Gebyar
    PT.M-TRONIK INDONESIA
    1 UNIT MOBIL AVANZA VELOZ
    dgn kode hadiah IDRKP:{FR-5489}
    -------------------
    U/info klik website kami:

    www.undianbbmandroid.cf

    Untuk konfirmasi kode IDRKP
    serta no PIN BBM Anda dan
    tata cara pengambilan hadiah
    anda

    Untuk info lebih lengkap
    Supaya hadiahnya bisa di terimah
    Hubungi JALU PRATAMA Atau
    silakan invite D6E242A3 TITI HERMAWATI
    di tanya- tanyakan kebenarannya.
    Karna pengundian kami terakhir hari ini
    apabila hadiahnya tdk di urus sekarang juga
    maka dinyatakan tidak serius dan kami alihkan ke pemenang lain.

    --------------------
    Undian ini hanya sekali satu
    tahun dalam rangka
    GEBYAR TAHUN 2017
    --------------------
    Undian pegacakan PIN bukan
    hanya bagi pengguna blackberry
    tapi semua pengguna BBM
    --------------------
    Batas pengurusan hanya hari ini,
    lewat batas hari ini
    tanpa adanya pengurusan dan pengesahan
    dari Notaris maka hadiah lansung
    dialihkan ke pemenang cadangan
    Terima kasih....

    ReplyDelete
  58. pindah ke http://www.danaresmimtronik.cf web penipuannya

    ReplyDelete

komentarmu, aku tunggu! no spam!

Site search

    Partner

    Disclaimer

    Maindakon Maindakon merupakan blogg yang berisi tentang berbagai informasi dimana kami tidak menjamin bahwa informasi tersebut benar 100%. Semua posting ditulis sesuai dengan refrensi yang kami dapatkan. Semua tips yang ditulis sebatas saran atau sugesti untuk memberikan solusi atau sekedar berbagi info yang dimana kami tidak menjamin benar 100%.