Thursday, September 10, 2009

HIDUP SEHAT, AMAN DAN NYAMAN

Posted by gta3andreas On 11:38 PM No comments

Saudara saya ingin mengajak anda untuk menghemat apa saja yang ada dalam hidup anda anatara lain: BBM, Kertas dsb,, disini saya akan menerangkan cara pembuatan kertas:

Apakah anda tahu jika kertas itu terbuat dari kayu? Pertama- tama kayu yang baru diambil dijadikan kayu gelondongan, baru setelah itu dipotong – potong dan dimasukkan dalam mesin pengelupas kulit.( kayu yang dipakai yaitu campuran antara kayu keras dan lunak karena jika hanya kayu lunak kertas mudah sobek jadi harus dicampur agar bagus dan tidak mudah sobek). Selanjutnya kayu dihaluskan dan di campur dengan suatu bahan kimia, setelah tercampur dan menjadi kental campuran tadi disaring untuk membuang kotoran dan bahan yang tak berguna. Setelah adonan kertas sudah di saring, diberi pewarna atau pemutih, selanjutnya dimasukkan dalam cetakan penapis adonan kertas diolah dengan lambat sehingga adonan kertas menjadi lebih kental. Setelah itu adonan kertas dimasukkan dalam mesin penggilas. Adonan yang digilas membentuk kertas basah baru selanjutnya kertas basah ini masuk ke mesin silinder pengempa, untuk mengeringkan kertas.

Tahukah anda berapa lembar kertas yang bisa dihasilkan sebuah pohon?

Ada sebuah lahan yang isinya pepohonan berkayu keras. Lebarnya 8 kaki, panjangnya 4 kaki, tingginya 4 kaki. (3 kaki = 1 meter) apa yang dihasilkan dari lahan ini?

Ternyata pohon – pohon itu bisa menghasilkan 1000 sampai 2000 pon kertas, atau ½ sampai 1 ton kertas, atau 942.100 halaman buku, atau 4.384.000 perangko, atau 2700 eksemplar koran.

Nah sekarang dah tahukan berapa jumlah pohon yang harus ditebang untuk menghasilkan kertas diseluruh dunia?

So , , jadi.

Hiduplah dengan hemat untuk masa depan yang baik.

Di kutip dari: majalah anak – anak BOBO, 15 februari 2007

0 comments:

Post a Comment

komentarmu, aku tunggu! no spam!

Site search

    Partner

    Disclaimer

    Maindakon Maindakon merupakan blogg yang berisi tentang berbagai informasi dimana kami tidak menjamin bahwa informasi tersebut benar 100%. Semua posting ditulis sesuai dengan refrensi yang kami dapatkan. Semua tips yang ditulis sebatas saran atau sugesti untuk memberikan solusi atau sekedar berbagi info yang dimana kami tidak menjamin benar 100%.