Tuesday, September 15, 2009

Teknologi TV Digital

Posted by gta3andreas On 5:46 PM No comments
Seiring berkembangnya jaman banyak teknologi yang tercipta untuk memepermudah aktifitas manusia, yang baru2 ini adalah teknologi TV digital. TV digital adalan teknologi yang diterapkan pada sinyal siaran TV. Selama ini sinyal yang ditanggkap TV adalah sinyal analog. Perbedaan dari TV digital dengan teknologi TV (analog) yaitu pada frekuensinya, secara teknik pita, lebar pita frekuensi yang digunakan untuk analog dengan digital adalah 1:6. Jadi analog memerlukan pita selebar 8Mhz untuk suatu kanal transmisi maka teknologi digital dengan pita selebar itu (tapi dengan teknik multiplek) dapat memancarkan 6-8 kanal transmisi skaligus.
Di jerman proyek penggunaan TV digital masuk pada tahun2003 (di Berlin), tahun 2005 (di muenchen), di Amerika proyek siaran tv digital dimulai tahun inipun memerlukan mandate dari kongres, Jepang memulai siran TV Digital masal pada 2011. Sedangkan di Negara kita siaran dapat dilakukan secara penuh di Indonesia mulai tahun 2011, atau paling lambat 2012.
Kelebihan dari TV digital adalah:
• Dapat menghasilkan gambar yang lebih tajam dan halus
• Memungkinkan pengiriman gambar dengan akurasi tinggi dan resolusi tinggi, gambar jernih tanpa efek bayangan atau gambar ganda meskipun pesawat penerima berada dalam keadaan bergerak dengan kec. Tinggi
• Mengurangi efek noise secara drastic, member kemudahan untuk diperbaiki pada penerima dengan kode koreksi eror (error correction code) mengurangi efek Doppler akibat pergerakan TV yang bergerak (mobil, bus).
• Dapat menayangkan 6-8 channel sekaligus.
Manfaat utama:
> Dapat digunakan melihat simpanan progam, aplikasi teknologi digital menawarkan integrasi dengan layanan interaktif seperti layanan dua arah
> Juga dapat digunakan se[erti internet.
Namun dengan adanya penyiaran TV digital dapat juga memberatkan masyarakat adalah pesawat televise analog yang tidak dapat menerima sinyal digital, mau tak mau harus membeli TV baru yang dapat mengangkap sinyal digital. Atau bisa membeli perangkat tambahannya saja dengan harga yang relative terjangkau sekitar Rp 200.000 s/d Rp 500.000.

0 comments:

Post a Comment

komentarmu, aku tunggu! no spam!

Site search

    Partner

    Disclaimer

    Maindakon Maindakon merupakan blogg yang berisi tentang berbagai informasi dimana kami tidak menjamin bahwa informasi tersebut benar 100%. Semua posting ditulis sesuai dengan refrensi yang kami dapatkan. Semua tips yang ditulis sebatas saran atau sugesti untuk memberikan solusi atau sekedar berbagi info yang dimana kami tidak menjamin benar 100%.