Saturday, October 10, 2009


Habitat kuntul di pepohonan depan markas benteng Raider’s, srondol, semarang senantiasa menarik perhatian. Selain jadi tontonan, burung-burung berbulu putih, berkaki panjang dan berleher panjang itu acapkali dijadikan objek penelitian.

Menurut dosen Jurusan Biologi Undip Karyadi Baskoro Ssi Msi memaparkan hingga akhir tahun 1990-an populasinya berkisar 1000 ekor. Burung-burung itu menghuni 24 pohon, terdiri atas angsana, asam dan mangga.

Namun kini berdasarkan pengamatan populasinya menurun drastis menjadi 200-an. Pohon yang dihuni juga tinggal empat batang. Sebagian kuntul hijrah di kawasan hutan bakau di daerah sayung, demak.

Kebisinbgan tidak berpengaruh terhadap berkurangnya populasi. Pasalnya berbagai jenis burung air, kuntul tidak terlalu peka terhadap suara. Ada fakta menarik tentang burung kuntul di srondol yang tidak diketahui orang banyak. Fakta itu terkait dengan keragaman jenisnya. Berdasarkn penelitian Dosen Jurusan Biologi Universitas Negeri Semarang. (Unnes), Kukuh Santosa antara 1992-2002, jenisnya ada empat, yakni kuntul besar (Egretta Alba), kuntul perak (Egretta Intermedia), kuntul kecil (egretta garzetta), dan kuntul kerbau (Bubulcus ibis).

Padahal menurut buku burung-burung di jawa-bali (Mc. Kinnon, 1991), The Oxford Book Of Birds (Campdell Trude and Donald Waetson) dan bird of malaysia (Delacour Yean), jenis kuntul yang hidup di dunia ini hanya ada enam, dengan demikian bisa dikatakan bahwa empat dari enam jenis kuntul yang ada di sunia terdapat di srondol.

Dua jenis lainnya adalah kuntul China (egretta euphoes), dan kuntul karang (egretta sacra). Kuntul chin tidak terdapat di Indonesia, sedangkan kuntul karang banyak ditemui di kepulauan karimunjawa. Jika alih fungsi lahan basah di Semarang terus berlangsung, dan tak dikendalikan, cepat atau lambat burung-burung itu akan menghilang dari pepohonan srondol. Jika benar-benar terjadi maka hal itu akan sangat disayangkan.
ket: gambar ke- 1adalah
kuntul besar (Egretta Alba)
ke-2
kuntul perak (Egretta Intermedia)
ke-3
kuntul kecil (egretta garzetta)
ke-4
kuntul kerbau (Bubulcus ibis)
srondol merupakan daerah semarang! povinsi jawa tengah.

1 comment:

  1. senoga kuntul2 ini tetap dapat tempat ya...
    kalau tidak bisa rusak ekosistem dan keseimbangan alam ini..

    ReplyDelete

komentarmu, aku tunggu! no spam!

Site search

    Partner

    Disclaimer

    Maindakon Maindakon merupakan blogg yang berisi tentang berbagai informasi dimana kami tidak menjamin bahwa informasi tersebut benar 100%. Semua posting ditulis sesuai dengan refrensi yang kami dapatkan. Semua tips yang ditulis sebatas saran atau sugesti untuk memberikan solusi atau sekedar berbagi info yang dimana kami tidak menjamin benar 100%.