Hal yang Harus Diperhatikan Seorang Pelupa

Seiring bertambahnya usia, daya ingat seseorang akan makin menurun. Seperti dikutip dari laman Telegraph, survei terhadap 2.000 orang menemukan pria lebih mungkin melupakan hal-hal penting daripada wanita.

Gaya hidup modern yang sangat sibuk, beban kerja yang meningkat, tekanan serta teknologi modern disebut sebagai penyebab 'penyakit' lupa. Berikut 4 hal yang paling sering dilupakan dalam kehidupan sehari-hari.

1. Anda harus memperhatikan dimana anda meletakkan sebuah barang. entah itu konci mtor, rumah dsb.

2. Catat semua yang berhubungan dengan sebuah rencana anda atau jadwal anda.
3. Catat daftar barang belanja sebelum anda pergi untuk membeli sesuatu
4. Jika anda seorang pelajar, anda sering lupa membuat PR. disarankan anda membuat sebuah buku kusus yang mencatat semua PR yang diberikan bapak atau ibu guru.

Bila Anda tergolong pelupa, ada dua hal penting yang perlu Anda tahu untuk meningkatkan daya ingat. Atensi dan Konsentrasi.

Atensi adalah kebiasaan memperhatikan barang sekecil apapun. Seperti, menaruh pulpen, meletakkan kacamata, atau kunci rumah. Misalnya, saat Anda mengambil kunci rumah, coba diingat-ingat, di mana Anda mengambil itu, kunci apa yang Anda ambil, bentuknya seperti apa, dan di mana biasa Anda meletakkan kunci itu. Hal-hal kecil itu akan memberikan informasi pada otak yang merupakan proses atensi atau perhatian.

Jika proses atensi tersebut dijadikan kebiasaan terus-menerus, maka akan meningkatkan konsentrasi. Konsentrasi inilah yang akan membuat kita lebih fokus dan lebih mudah memanggil kembali ingatan kita akan sesuatu.


0 Comments