Friday, March 23, 2012

Bank Sentral

Posted by gta3andreas On 9:00 AM No comments
1.                a.   Pengertian Bank Sentral

Bank sentral adalah sebuah instansi yang bertanggung jawab atas kebijakan moneter di wilayah negara tersebut. Bank Sentral bertugas untuk menjaga stabilitas nilai mata uang, stabilitas sektor perbankan, dan sistem finansial secara keseluruhan. Bank Sentral menjaga agar tingkat inflasi terkendali dan selalu berada pada nilai yang serendah mungkin atau pada posisi yang optimal bagi perekonomian (low/zero inflation), dengan mengontrol keseimbangan jumlah uang dan barang. Apabila jumlah uang yang beredar terlalu banyak maka bank sentral dengan menggunakan instrumen dan otoritas yang dimilikinya.
Menurut Undang-Undang Republik Indonesia No. 6/ 2009, Bank Indonesia sebagai suatu lembaga negara yang independen dalam melaksanakan tugas dan wewenangnya, bebas dari campur tangan Pemerintah dan/atau pihak lain, kecuali untuk hal-hal yang secara tegas diatur dalam undang-undang ini.
Bank Indonesia mempunyai otonomi penuh dalam merumuskan dan melaksanakan setiap tugas dan wewenangnya sebagaimana ditentukan dalam undang-undang tersebut. Pihak luar tidak dibenarkan mencampuri pelaksanaan tugas Bank Indonesia, dan Bank Indonesia juga berkewajiban untuk menolak atau mengabaikan intervensi dalam bentuk apapun dari pihak manapun juga. Status dan kedudukan yang khusus tersebut diperlukan agar Bank Indonesia dapat melaksanakan peran dan fungsinya sebagai otoritas moneter secara lebih efektif dan efisien..Di Indonesia sendiri memiliki bank sentral yang bernama Bank Indonesia. Melihat akan pentingnya keberadaan bank sentral ini, tentu semua Negara wajib memiliki bank sentralnya sendiri, namun di dunia terdapat Negara yang tidak memiliki Bank Sentral, antara lain Negara Andorra dan Negara Monaco.

b.   Tujuan dan Tugas Bank Sentral

Bank Sentral memiliki tujuan; Menjaga kestabilan nilai rupiah. Sedangkan tugas dari Bank sentral antara lain:
1.      Menetapkan dan melaksanakan kebijakan moneter.
Langkah yang diambil: Mengadakan Operasi Pasar Terbuka, Penetapan Cadangan Wajib Minimum, Berperan sebagai Lender of The Last Resort, Membuat Kebijakan Nilai Tukar, Pengelolaan Cadangan Devisa, Kredit Program
                    2.      Mengatur dan menjaga kelancaran sistem pembayaran.
3.      Mengatur dan mengawasi bank.


0 comments:

Post a Comment

komentarmu, aku tunggu! no spam!

Site search

    Partner

    Disclaimer

    Maindakon Maindakon merupakan blogg yang berisi tentang berbagai informasi dimana kami tidak menjamin bahwa informasi tersebut benar 100%. Semua posting ditulis sesuai dengan refrensi yang kami dapatkan. Semua tips yang ditulis sebatas saran atau sugesti untuk memberikan solusi atau sekedar berbagi info yang dimana kami tidak menjamin benar 100%.