Friday, October 26, 2012


Tahukah anda jumlah uang yang dimusnahkan pemerintah? Tak main-main, uang yang dimusnahkan dalam satu tahun mencapai Rp 25,763 triliun (data tahun 2011, Wilayah V). Uang yang dimusnahkan termasuk uang lusuh, rusak, dan robek, yang sudah tidak layak edar lagi. Selama Januari hingga September 2012, Bank Indonesia Wilayah V Jateng dan DIY telah memusnahkan uang kertas hingga Rp 6,803 triliun.
Menurut manajer Unit Distribusi Uang dan Layanan Kas Kantor Perwakilan Bank Indonesia Wilayah V, C Tratmono Wibowo mengatakan, jumlah uang kertas yang dimusnahkan terus menurun. Penurunan tersebut disebabkan oleh penggunaan uang elektronik. Saat ini masyarakat sudah banyak yang tidak lagi menggunakan uang secara langsung sebagai alat transaksi. ‘’Jumlah uang yang dimusnahkan terus menurun. Pada Januari jumlahnya mencapai Rp 2,854 triliun, Februari Rp 1,832 triliun, Maret Rp 1,025 triliun, April Rp 338,304 miliar, Mei Rp 150,616, Juni Rp 123,005 miliar, Juli Rp 63,938 miliar, Agustus Rp 122,013, dan September Rp 293,427 miliar,’’ katanya usai acara Capacity Building Media di Kantor BI Wilayah V.
Selama pemusnahan uang, Bank Indonesia melakukan sistem pengamanan secara ketat dengan menggunakan kamera CCTV dan melibatkan sedikit tenaga orang. Kepada masyarakat dihimbau lebih memperhatikan dan menjaga kerapian uang kertas, agar tidak terjadi kerusakan dan lusuh. Manajer Grup Kebijakan Departemen Pengedaran Uang Bank Indonesia, Agustinus Fajar Setiawan mengatakan, kebutuhan uang tunai terus meningkat setiap tahun. Nah jika kita sudah tahu akan kebutuhan uang yang beredar terus meningkat, sebagai masyarakat yang baik kita harus menyimpan dan menggunakan uang dengan baik, karena secara tidak langsung ketika kita menyimpan uang dengan baik, maka kita mengurangi jumlah uang lusuh dan yang tak layak pakai untuk dimusnahkan. Dan dari situ, secara tidak langsung kita juga mengurangi anggran Negara untuk mencetak uang yang digunakan untuk mengganti uang yang telah dimusnahkan.

3 comments:

  1. wah.. yah gitu, soalnya uang dibuat mainan, gak dijaga kebersihannya sama orang-orang.

    ReplyDelete

komentarmu, aku tunggu! no spam!

Site search

    Partner

    Disclaimer

    Maindakon Maindakon merupakan blogg yang berisi tentang berbagai informasi dimana kami tidak menjamin bahwa informasi tersebut benar 100%. Semua posting ditulis sesuai dengan refrensi yang kami dapatkan. Semua tips yang ditulis sebatas saran atau sugesti untuk memberikan solusi atau sekedar berbagi info yang dimana kami tidak menjamin benar 100%.