Mengatasi Gagal Instal Microsoft NET Framework 4


Beberapa hari yang lalu saya mengalami kesulitan dalam melakukan install Microsoft NET Framework. Karena tidak bisa melakukan install progam tersebut terpaksa saya tidak dapat melakukan install progam AMOS Ghrapic, karena untuk melakukan instalasi AMOS Ghrapic, pengguna harus menginstal Microsoft NET framework. Microsoft NET Framework itu sendiri adalah software tambahan yang dibutuhkan software tertentu yang tidak bisa diinstall di windows jadi semacam software untuk progam yang dikembangkan untuk digunakan di windows.

Ketika saya melakukan instalasi Microsoft NET Framework 4, berulang-ulang mengalami gagal install dan muncul jendela yang berisi penyebab gagal install dan bertuliskan kode Error HRESULT: 0xc8000222. Ternyata setelah saya coba mencari tahu dengan browsing, saya mendapatkan informasi bahwa kesalahan atau error tersebut terjadi karena beberapa hal, salah satunya yang saya alami dikarenakan error pada Update Service Windows. 
Berikut ini langkah-langkah yang saya dapatkan untuk mengatasi gagal install Microsoft NET Framework 4, dengan kode Error HRESULT: 0xc8000222.
1. Masuk ke command prompt (cmd), caranya Klik start -> All Programs -> Accessories -> lalu klik kanan pada Command Prompt pilih Run As Administrator.

2. Pada command prompt tersebut ketikkan net stop WuAuServ

3. Tidak perlu di close command prompt tersebut, kemudian klik start -> ketikkan %windir% -> enter ; (anda bisa saja langsung ke folder c:/windows)

4. Cari dalam folder windows tersebut folder “SoftwareDistribution” dan rename menjadi SDold (hanya sebagai penanda).

5. Dan terakhir kembali ke command prompt , ketikan net start WuAuServ lalu jalankan instalasi .net framework 4.

9 Comments

  1. sama sekali ga berhasil gan.. malah roll back progress gmnn ya?

    ReplyDelete
    Replies
    1. wah kalo masih gagal saya belom tahu gan. . .
      hehe, itu jurus terahkir yang saya punya. . .

      Delete
    2. menurut saya sih, kegagalan install karena security microsoft yang ditambahkan di windows 8 keatas sekarang lebih kuat mas,
      soalnya ane udah nyoba install framework 3,5 pake cara diatas masih kurang manjur, selalu muncul pesan error "Error 0x800F081F / 0x800F0906"
      apakah mas pernah mengalami pesan error tersebut saat menginstall net framework 3,5 atau 4 di windows 8 dan 8.1?
      dan akhirnya berhasil dengan cara ini => <a href='oposip.blogspot.com/2014/11/mengatasi-gagal-install-net-framework.html">100% berhasil install net framework</a>

      Delete
  2. Langsung jalan gan,,,, Thanks Infonya.

    ReplyDelete
  3. Makasih tipsnya gan :)

    Kunjungan baliknya gan :)

    Cara Mengatasi Microsoft.NET Framework Error Tidak Bisa Diinstall
    http://firdaustok.blogspot.com/2014/05/cara-mengatasi-microsoftnet-framework.html

    ReplyDelete
  4. ane juga makasih gan :

    Kunjungi juga :
    http://anime46indonesia.blogspot.com/2014/05/mengatasi-eror-saat-menginstal.html

    ReplyDelete
  5. Masih tetep rollback gan, gmna ya?

    ReplyDelete
  6. Udah ngikutin cara di atas tapi masih tetap gagal install :(. Folder 'Software Distribution' nya juga ga mau direname, Ga ada cara lain ya Mas? Soalnya saya juga pengen install program Amos buat olah data skripsi. Help me, please :(

    ReplyDelete

komentarmu, aku tunggu! no spam!