Sunday, February 9, 2014

Di kehidupan modern seperti sekarang ini jalannya kehidupan tidak pernah jauh dari yang namanya internet. Seiring perkembangan dunia IT dan komunikasi, kecepatan internetpun terus dikembangkan untuk dapat bertukar informasi dengan sangat cepat. Di berbagai negara sudah menggunakan teknologi terbaru yaitu 4G. Bahkan pada saat ini negara Korea Selatan tengah bekerja sama dengan perusahaan swasta untuk membangun perlatan penunjang teknologi 5G.


Ditengah perkembangan teknologi dan komunikasi di berbagai belahan dunia, Indonesia dinilai masih kurang dalam hal mengembangkan teknologi komunikasinya yang dilihat dari kecepatan internet rata-rata di Indonesia. Dilansir dari laporan Akamai mengenai “state of the internet” posisi Indonesia dalam hal rata-rata kecepatan internet justru melorot ke posisi 118 dunia , yang sebelumnya pernah bertengger pada posisi 108 kuartal 2, 2013.

Kecepatan internet Indonesia hanya mencapai 1,5 Mbps. Meskipun mengalami kenaikan sebesar 26% dari tahun sebelumnya, namun dilihat secara kuartal terjadi penurunan sebesar 14%. Secara kecepatan internet tertinggi (peak) Indonesia menduduki peringkat 115, dengan kecepatan 9,7 Mbps secara kuartal turun 15% sedangkan dari tahunan turun 30%.

Jika dibandingan dengan negara asia tenggara lainnya, Indonesia tertinggal jauh. Singapura menduduki peringkat 22 dengan rata-rata kecepatan Internetnya sebesar  7,8 Mbps, kemudian Thailand di posisi 49 dengan rata-rata 4,7 Mbps, Malaysia di posisi 71 dengan kecepatan rata-rata  3,2 Mbps. Vietnam yang sebelumnya berada di bawah Indonesia, kini menyusul menduduki peringkat 109 dengan kecepatan rata-rata internet di sana 2,0 Mbps, dan Filipina juga tetap di posisi 114 dengan 1,8 Mbps.

Berdasarkan laporan yang disampaikan Akamai kecepatan internet rata-rata tertinggi dipegang oleh Korea Selatan yang bersama Jepang memiliki kecepatan 13,3 Mbps dan Hong Kong di tempat ketiga dengan 12,5 Mbps. Sedangkan kecepatan tertinggi internet dipegang oleh Hong Kong dengan 65,4 Mbps, Korea Selatan dengan 63,6 Mbps dan Jepang dengan 52,0 Mbps. Semoga saja Indonesia makin maju, menyusul negara-negara lainnya. . .  MERDEKA!!!

0 comments:

Post a Comment

komentarmu, aku tunggu! no spam!

Site search

    Partner

    Disclaimer

    Maindakon Maindakon merupakan blogg yang berisi tentang berbagai informasi dimana kami tidak menjamin bahwa informasi tersebut benar 100%. Semua posting ditulis sesuai dengan refrensi yang kami dapatkan. Semua tips yang ditulis sebatas saran atau sugesti untuk memberikan solusi atau sekedar berbagi info yang dimana kami tidak menjamin benar 100%.