Monday, May 5, 2014

Akhir-akhir ini saya sangat sering menemukan penipuan berkedok undian berhadiah sebuah produk. Kebanyakan para penipu ini akan melakukan SMS ke nomor anda, dengan mengatasnamakan salah seorang pegawai atau pihak perusahaan yang melakukan undian berhadiah, selanjutnya anda akan diminta melakukan cek ke sebuah website dan ujung-ujungnya anda akan dimintai uang untuk proses pengurusan penerimaan hadiah untuk sebuah biaya. (biasanya biaya Notaris).
Disini anda harus teliti melihat situs yang ditunjukkan pada anda. Kali ini saya ingin share, situs penipuan yang mengatasnamakan PopMie (event Pop Mie Get lucky 2014, dengan cara mengirimkan kode unik melalui sms).

Situs yang saya curigai dan saya yakini kalo itu adalah penipuan:
http://festivalpopmie.jimdo.com/

Alasan saya mengatakan itu situs penipuan, berikut analisis saya:
1    1. Setiap perusahaan yang melakukan promosi undian berhadiah, pasti melakukan pemberitahuan melalui Telepon atau SMS. (perlu dicatat, nomor yang digunakan untuk SMS biasanya menggunakan nomor Khusus untuk menghindari penipuan. Contohnya jika anda pelanggan Three, jika anda mendapat hadiah dari operator tersebut maka anda akan mendapat sms melalui nomor khusus yang tidak dapat anda mengirimkan sms balik)

2.      2. Perusahaan akan menunjuk anda untuk melakukan cek kebenaran (apakah anda menang atau tidak) biasanya ke situs resmi perusahaannya. Bukan melalui pihak ketiga. Seperti Indofood. Karena popmi merupakan salah satu produk dari Indofood maka di situs resmi Indofood juga terdapat petunjuk akan adanya event tersebut secara detil. Bahkan jika anda dirujuk ke situs lainnya, pastinya menggunakan top level domain. (seperti: .com ; .co.id ; .org ; .id ; dsb).
      
      3. Kemudian bacalah syarat dan ketentuan dari event tersebut. Apabila tidak sesuai dengan sms atau telepon yang anda terima tentang perihal pemberitahuan pemenang undian, maka bisa dipastikan itu adalah penipuan. Seperti yang saya alami, syarat ketentuan tentang pengundian dan penganbilan hadiah event popmi ini adalah sbb:
“14 ·  Pada hari yang telah ditentukan, pemenang undian diminta untuk datang ke kantor cabang Indofood yang telah ditentukan, dengan membawa dan memperlihatkan asli Kartu Tanda Penduduk (KTP), dan asli kupon undian yang bersangkutan. Bagi pemenang undian yang belum memiliki KTP dapat membawa dan menunjukkan asli akta kelahiran dan asli kartu keluarga yang terbaru.”
“ 15  ·  Setelah lulus proses verifikasi maka asli kupon undian akan disimpan oleh Indofood sedangkan pemenang undian akan diberikan Surat Keterangan Pemenang yang dikeluarkan secara resmi oleh Indofood dan harus dibawa pada saat pengambilan hadiah di showroom mobil Nissan yang telah ditentukan.
“16 ·  Pada tanggal pengambilan hadiah yang telah ditentukan bertempat di showroom mobil yang telah ditentukan, akan dilakukan serah terima hadiah oleh perwakilan Indofood kepada pemenang undian dengan menandatangani Bukti Serah Terima Kendaraan dan menyerahkan asli Surat Keterangan Pemenang.”
Jika kita lihat syarat dan ketentuan yang disampaikan link http://festivalpopmie.jimdo.com/
Sangat berbeda dengan yang sudah saya uraikan. 

4.      4. Event Popmie ini melakukan pengundian setiap minggu… jadi dalam seminggu hanya terdapat 1 pemenang. Dan hadiah yang diundi hanya Nissan March tidak ada pungutan biaya. . .

Nah dari 4 poin yang sudah saya sampaikan sudah jelas bukan. . . 
Bahwa http://festivalpopmie.jimdo.com/
Merupakan situs yang melakukan penipuan.

Jika anda ingin bertanya seputar kebenaran pengundian hadiah dari berbagai perusahaan, anda dapat menanyakan langsung melalui posting ini.

3 comments:

  1. aq dapet lewat sms aq buka link nya ini yg tampil kayanya aq ketipu deh....

    ReplyDelete
  2. sudah bisa dipastikan kalo itu penipuan gan . . .

    ReplyDelete

komentarmu, aku tunggu! no spam!

Site search

    Partner

    Disclaimer

    Maindakon Maindakon merupakan blogg yang berisi tentang berbagai informasi dimana kami tidak menjamin bahwa informasi tersebut benar 100%. Semua posting ditulis sesuai dengan refrensi yang kami dapatkan. Semua tips yang ditulis sebatas saran atau sugesti untuk memberikan solusi atau sekedar berbagi info yang dimana kami tidak menjamin benar 100%.