Friday, December 11, 2009

KESUKSESAN CHINA DALAM MEMBRANTAS KORUPSI

Posted by gta3andreas On 5:37 AM 3 comments



Apakah anda pernah mendengar bahwa China adalah negara terkorup di dunia? Namun sekarang sudah jarang kita dengar! Tentu, karena China telah berhasil membrantas korupsi yang menggrogoti negaranya. Sedangkan di Indonesia,  sebagai negara yang sangat berlimpah dengan kekayaan alam seharusnya menjadi salh satu negara maju di dunia. Sayangnya hal itu belum terwujud. Satu hal yang menghambat kemajuan bangsa kita adalah masalah korupsi yang sepertinya susah untuk diberantas. Dulunya China juga seperti itu, dan mendapat label sebagai negara terkorup di dunia.






Bagaimanakah China dapat memberantas korupsi dan menghapus label sebagai negara terkorup di dunia? Keberhasilan China dalam memberantas korupsi tak bisa lepas dari cara Zhu Rongji, PM China yang dilantik Maret 1998. dalam pidatonya yang pertama dia berani berkata dengan lantang soal korupsi, “berikan kepada saya seratus peti mati. Sembilan puluh sembilan untuk koruptor, dan satu untuk saya jika saya melakukan hal yang sama.” Semenjak saat itu China tidak pernah sama lagi. Korupsi besar maupun kecil, semuanya akan dihukum mati. Hanya dalam waktu tiga tahun setelah itu, lebih dari 4.000 koruptor dihukum mati. Membuat jera yangluar biasa!
Apa yang bisa kita pelajari dalam kejadian ini? Indonesia membutuhkan sosok pemimpin yang memberi teladan dan konsekuen dengan apa yang dikatakannya. Namun apa yang sering terjadi? Banyak pemimpin indonesia yangtidak konsekuen dengan ap yang dikatakannya. Ini yang pada akhirnya membuat citra pemimpin di mata anak buah dan pengikutnya menjadi turun. Kalau citranya sudah turun maka pemimpin tersebut tidak memiliki wibawa lagi. Kalau sudah tidak memiliki wibawa, maka apa yang dikatakan dianggap angin lalu. Dari sinilah problem- problem bermunculan.
Indonesia butuh pemimpin yang berani, dapat memberi teladan, dan konsekuen! Karena itulah yang dapat merubah indonesia! Majulah bangsaku, tanah airku, negriku yang tercinta!



3 comments:

komentarmu, aku tunggu! no spam!

Site search

    Partner

    Disclaimer

    Maindakon Maindakon merupakan blogg yang berisi tentang berbagai informasi dimana kami tidak menjamin bahwa informasi tersebut benar 100%. Semua posting ditulis sesuai dengan refrensi yang kami dapatkan. Semua tips yang ditulis sebatas saran atau sugesti untuk memberikan solusi atau sekedar berbagi info yang dimana kami tidak menjamin benar 100%.