Tuesday, December 29, 2009

Momen yang langka di Januari 2010 (bag. 1)

Posted by gta3andreas On 5:35 AM No comments
Sebentar lagi kita akan melihat dua buah momen yang langka! Yaitu gerhana bulan dan gerhana matahari!, , , mau tau? baca z!


Gerhana Bulan 1 Januari 2010

GERHANA bulan pada 1 Januari 2010 merupakan gerhana bulan sebagian (parsial) yang bisa disaksikan dari seluruh wilayah Indonesia. Gerhana diawali pada jam 00:17 WIB saat bulan mulai memasuki penumbra Bumi (kontak awal penumbra).


Kondisi ini sukar diamati dengan mata telanjang, namun bisa dideteksi lewat perangkat optik seperti binokuler / teleskop di mana mulai terjadi penurunan kecerahan (magnitude) bulan meski sangat sedikit.
Penurunan kecerahan dramatis, sewaktu bulan mulai nampak gelap, terjadi sejak jam 01:53 WIB ketika bulan mulai memasuki umbra Bumi (kontak awal umbra).
Puncak gerhana terjadi pada jam 02:24 WIB ketika 8 % permukaan bulan tertutupi umbra Bumi sehingga bulan nampak gelap sebagian. Berangsur-angsur bagian gelap ini mulai menyusut dan berakhir ketika bulan sepenuhnya meninggalkan umbra Bumi pada 02:53 WIB (kontak akhir umbra), tatkala bulan akan nampak bundar penuh kembali sebagai purnama.
Namun gerhana sejatinya baru berakhir pada jam 04:28 tatkala bulan sudah meninggalkan penumbra Bumi (kontak akhir penumbra). Secara keseluruhan gerhana berlangsung selama 4 jam 11 menit, namun bagian umbranya hanya berlangsung selama 1 jam. Dengan durasi cukup lama, maka bagi umat Islam tersedia waktu cukup panjang untuk menunaikan ibadah shalat sunah gerhana bulan.
Penduduk Jawa Tengah bisa mengamati seluruh tahapan gerhana saat bulan berada di langit barat. Kontak awal penumbra terjadi saat bulan sangat tinggi, yakni 60 derajat dari kaki langit barat. Berangsur-angsur ketinggian bulan menurun sehingga pada saat puncak gerhana tinggal setinggi 40o.
Pada saat puncak, sebagian cakram Bulan akan nampak gelap khususnya bagian sebelah kiri (sisi selatan). Saat kontak akhir penumbra, bulan tinggal setinggi 15 derajat, bertepatan dengan masuknya Jawa Tengah ke waktu subuh

sumber: suaramerdeka.com



0 comments:

Post a Comment

komentarmu, aku tunggu! no spam!

Site search

    Partner

    Disclaimer

    Maindakon Maindakon merupakan blogg yang berisi tentang berbagai informasi dimana kami tidak menjamin bahwa informasi tersebut benar 100%. Semua posting ditulis sesuai dengan refrensi yang kami dapatkan. Semua tips yang ditulis sebatas saran atau sugesti untuk memberikan solusi atau sekedar berbagi info yang dimana kami tidak menjamin benar 100%.