Monday, February 24, 2014

Pernahkah anda berpikir mengapa kursor mouse dalam computer dibuat miring? Mungkin gak banyak orang yang penasaran dengan tampilan kursor yang miring. Ternyata dibalik tampilan kursor  yang miring itu ada alasan yang mendasari, mengapa tampilan kursor dibuat miring.


Dari sumber yang saya dapatkan (Kompas) ternyata dulu tampilan kursor mouse itu dibuat tegak lurus, lantas mengapa sekarang dibuat miring? 

Begini mulanya, saat itu teknologi computer masih terbatas di semua sisi. Tampilan computer masih menggunakan piksel rendah. 

Menurut penjelasan di situs Stack Exchange, mouse dan kursor pertama kali dibuat oleh Douglas Englebart pada tahun 1968. Awalnya, kursor memang dibuat tegak lurus ke atas.Namun, saat komputer Xerox PARC dibuat sekitar tahun 1970-an, kursor kemudian dibuat miring. Alasannya, dengan layar resolusi rendah pada zaman itu, kursor mouse yang tegak lurus susah dicari di layar.

Ars Technica Pointer mouse semula didesain tegak lurus, sulit dibedakan dengan obyek lain di layar
Dengan piksel resolusi rendah, tampilan kursor sulit dibedakan dengan obyek-obyek lain yang ditampilkan layar komputer, apalagi saat itu tampilan layar masih monokrom.

Setelah itu, kursor miring ke kiri temuan Englebart tersebut kemudian diadopsi oleh pembuat-pembuat software komputer hingga kini. Hal tersebut termasuk dilakukan oleh pencipta Apple, Steve Jobs, yang meminjam kursor tersebut untuk Mac OS-nya, dan kemudian Bill Gates dengan Windows-nya.

Dengan alasan diatas, maka dibuatlah tampilan kursor mouse miring 45 derajat. Sampai saat ini meskipun tampilan computer sekarang ini lebih jauh maju ketimbang computer generasi pertama, namun kursor mouse tetap dibuat miring.

0 comments:

Post a Comment

komentarmu, aku tunggu! no spam!

Site search

    Partner

    Disclaimer

    Maindakon Maindakon merupakan blogg yang berisi tentang berbagai informasi dimana kami tidak menjamin bahwa informasi tersebut benar 100%. Semua posting ditulis sesuai dengan refrensi yang kami dapatkan. Semua tips yang ditulis sebatas saran atau sugesti untuk memberikan solusi atau sekedar berbagi info yang dimana kami tidak menjamin benar 100%.